Ini Lho Empat Kegunaan Hipnoterapi untuk Tubuh

Lihat mata saya serta kamu akan tertidur selama sebagian menit. Kalimat sugesti dari psikioterapis itu mungkin sudah terekam jelas di daya ingat kita, disertai adegan menggoyangkan kalung arloji.

Pemandangan seperti ini memang tak asing lagi serta sering kita jumpai secara lantas, melalui acara di layar kaca, film, hingga novel. Tapi, apakah praktik hipnoterapi memiliki kegunaan untuk tubuh? Simak juga informasi mengenai hipnoterapi surabaya.

Irving Kirsch dosen sekaligus direktur Program Studi Plasebo di Harvard Medical School mengatakan, hipnoterapi merupakan wujud pengobatan yang resmi. Dalam sebagian kasus, hipnoterapi dipakai untuk membantu menurunkan berat badan, menghilangkan rasa sakit setelah operasi, dan menuntaskan depresi atau stres.

Berikut sebagian khasiat hipnoterapi bagi kesehatan yang sudah kami rangkum :

1. Menurunkan berat badan
Sebagian studi yang dipelajari Irving Kirsch menemukan bahwa saat seseorang menjalani terapi perilaku kognitif (CBS) - salah satu perawatan non obat untuk menurukan berat badan, serta depresi - ditambah dengan hipnoterapi, berat badan yang turun jauh lebih banyak.

Selama empat hingga enam bulan, mereka yang melaksanakan terapi CBS ditambah hipnoterapi berat badannya turun sekitar sembilan kilogram, sementara yang cuma mengerjakan CBS berat badannya cuma turun 4,5 kilogram.

Selain berat badan turun lebih banyak, mereka yang mengerjakan CBS disertai hipnoterapi berat badannya tak kembali selama 18 bulan. Hal ini berbeda dengan orang yang hanya melakukan terapi CBS, berat badannya dapat naik lagi sewaktu-waktu.

2. Mengurangi rasa sakit
Len Milling, seorang psikolog klinis dan profesor psikologi dari University of Hartford mengatakan, hipnoterapi dapat mengurangi rasa sakit lahiriah. Salah satunya menolong mengurangi rasa nyeri atau rasa sakit pasca-operasi.

3. Membantu stop mengisap rokok
Hipnoterapi juga berkhasiat untuk standar pengobatan medis seperti anestesi epidural atau penyuntikan obat di sekitar epidural (sumsum tulang belakang) serta menangani kecanduan obat-obatan serta rokok.

Dalam uji coba acak yang dilaksanakan pada 2007, ahli melibatkan 286 perokok. Sebanyak 20 persen orang yang memperoleh hipnoterapi berhasil berhenti mengisap rokok dibandingi 14 persen orang yang mendapat konseling perilaku standar.

4. Mengobati stres, kecemasan, dan PTSD
Berdasarkan Spiegel, orang yang berhenti merokok karena hipnoterapi lebih terang terlihat manfaatnya pada mereka yang memiliki riwayat depresi. Ini adalah salah satu bukti bahwa hipnoterapi dapat efektif membantu mengobati stres, kecemasan, dan PTSD.

Studi lain malahan menemukan bahwa hipnoterapi dapat merubah fungsi kekebalan tubuh seseorang dengan metode mengimbangi stres dan mengurangi kerentanan tubuh kepada infeksi virus.